Lompat ke konten
kubah masjid nabawi 1
Home » Artikel » Kubah Masjid Nabawi – Sejarah Dan Keistimewaan

Kubah Masjid Nabawi – Sejarah Dan Keistimewaan

  • oleh

Kubah Masjid Nabawi Sejarah dan Keistimewaan – Bagaimana sejarah dan keistimewaan Masjid Nabawi ? Pada artikel ini kita akan membahas tentang sejarah dan keistimewaan Masjid Nabawi yang berada di Kota Madinah.

Kubah masjid yang berwarna hijau merupakan ikon Kota Madinah. Nabi Muhammad SAW membangun masjid ini pada 622 Masehi. Kubah Masjid Nabawi yang berwarna hijau tepat berada di atas makan Nabi Muhammad SAW. Mari kita simak bagaimana sejarah kubah Masjid Nabawi ini.

Sejarah Kubah Masjid Nabawi

kubah masjid nabawi
Masjid Nabawi (sumber dari Unsplash)

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi merupakan salah satu masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang telah banyak diketahui, masjid ini menjadi terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah. Rumah ibadah tersebut juga merupakan tujuan bagi umat yang ingin ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.

Bersumber dari detik.com, awalnya hanya sebuah bangunan yang tidak memiliki atap. Ukurannya sekitar 50 x 50 meter. Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, masjid ini terus mengalami perbaikan dan perluasan. Bahkan, bekas rumah Rosulullah menjadi bagian dari masjid ini.

Kini, Daya tampung jamaah pada masjid ini lebih dari setengah juta jamaah. Masjid Nabawi kini memiliki luas mencapai 100 ribu m2, sedangkan lantai di atasnya seluas 67 ribu m2. dan luas pelataran masjid mencapai 135 ribu m2.

Pembangunan kubah pertama pada tahun 1279 M yaitu membangun kubah masjid. Selanjutnya, tahun 1837M melakukan pengecatan pada kubah dengan warna hijau. Setelah mengetahui sejarah dari masjid ini. Sekarang, kita akan mengetahui apa saja keistimewaan dari Masjid Nabawi ini.

9 Keistimewaan Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan salah satu tempat ibadah paling indah yang sangat disucikan oleh umat Muslim dunia. Di balik keindahannya, terselip berbagai hal menarik. Apa saja hal menarik tersebut ?

kubah masjid nabawi
Kubah Masjid Nabawi (Sumber : Unsplash)

1. Tempat pertama yang mendapat aliran listrik di Jazirah Arab

Pada zaman kerajaan Ottoman memperkenalkan listrik di daerah Jazirah Arab, tempat pertama yang mendapatkan aliran listrik yaitu Masjid Nabawi. Masjid ini mulai menggunakan listrik sekitar tahun 1909.

2. ukuran masjid kini lebih luas dari kota kuno madinah

Dulunya masjid ini memiliki ukuran 50×50 meter. Namun dengan perkembangan zaman, serta semakin banyaknya jamaah yang datang. Maka, masjid terus mengalami perbaruan dan perluasan.

3. ada makam kosong di ruang nabi

Terdapat sebuah makam kosong yang berdekatan dengan lokasi makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Kabar mengenai makam kosong itu sebenarnya, di siapkan untuk Nabi Isa AS yang masih simpang siur.

4. mempunyai 3 mihrab

Mihrab merupakan bagian dari interior masjid yang di pakai imam dalam memimpin sholat. Biasanya masjid hanya memiliki 1 mihrab. Akan tetapi, berbeda dengan Masjid Madinah ini. Masjid Madinah memiliki 3 mihrab. Pertama, mihrab imam dalam memimpin sholat berjamaah. Kedua, mihrab yang di bangun atas perintah Sultan Suleymaniye untuk Imam Hanafi memimpin sholat. Ketiga, mihrab untuk Imam Maliki untuk memimpin sholat.

5. isi barang di kamar fatimah kini berada di instanbul

Nabi Muhammad SAW mempunyai barang-barang yang tersimpan di dalam kamar Fatimah. Pada saat Madinah di kepung Perang Dunia I, panglima Ottoman memerintahkan untuk memindahkan barang tersebut ke Istanbul. Sekarang benda-benda dari kamar fatimah bisa di lihat di Museum Topkapi di Istanbul, Turki.

6. kubah masjid dulunya berwarna ungu

Kubah Masjid Nabawi dulunya pernah di cat dengan warna ungu sekitar 150 tahun lalu. Warna ungu di pilih karena kabarnya warga Arab di wilayah Hijaz menyukai warna tersebut.

7. pernah terbakar api

Beberapa ratusan tahun setelah di dirikan, Masjid Nabawi ini sempat terbakar. Api yang berkobar saat itu menghancurkan beberapa bagian seperti atap, tiang masjid hingga dinding pembatas makam Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi, rumah suci itu segera di renovasi oleh para pemimpin negara Muslim pada saat itu.

8. unta nabi muhammad saw

Sebelum menjadi bangunan masjid yang besar seperti sekarang ini, dahulu Nabawi merupakan sebuah lahan kosong dengan sejumlah pohon kurma. Lokasi pembangunan masjid ini merupakan tempat pemberhentian pertama unta yang ditunggangi Rasulullah ketika tiba di Madinah.

Jadi begitulah pembahasan mengenai sejarah dan keistimewaan dari kubah masjid nabawi. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Anda ingin membeli kubah masjid premium dengan kualitas terbaik ? Anda bisa berkunjung disini Kubah Enamel atau Qoobah. Qoobah merupakan spesialis kubah masjid terbaik di Asia Tenggara. Percayakan kebutuhan kubah masjid Anda kepada Qoobah – PT. Anugerah Kubah Indonesia. Anda dapat melihat beberapa karya kubah masjid pada Galeri Qoobah dan testimoni takmir masjid tentang produk kami di channel Qoobah Official TV.

Konsultasikan kebutuhan kubah masjid Anda dengan klik tombol konsultasi gratis. Pembelian kubah masjid pada bulan ini, Anda berkesempatan mendapatkan hadiah penangkal petir dan lampu sorot. Ayo beli sekarang!

Sumber Artikel: fahiraidris.id & detik.com