https://hargakubahenamel.com/
Lompat ke konten
masjid terindah di Malang Masjid Agung An Nuur
Home » Artikel » 5 Masjid Terindah di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi | Qoobah

5 Masjid Terindah di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi | Qoobah

  • oleh

Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur, Malang tidak hanya terkenal sebagai Kota Pendidikan, tetapi juga memikat dengan beragam daya tariknya. Mulai dari kekayaan budaya hingga destinasi wisata yang menarik, Malang memiliki segalanya. Tidak hanya itu, aspek keagamaan juga menjadi bagian penting dari identitasnya, menghadirkan nuansa yang kental dan mendalam. Berikut adalah lima masjid terindah di Malang yang wajib dikunjungi.

Masjid Tiban Turen, Wisata Religi dengan Arsitektur Unik

masjid terindah di Malang Masjid Tiban Turen

Masjid Tiban Turen Malang adalah salah satu destinasi wisata religi yang populer di Jawa Timur. Masjid ini terletak di Jalan KH Wachid Hasyim, Gang Anggur No.17, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Masjid Tiban memiliki arsitektur yang unik dan indah, perpaduan antara arsitektur Timur Tengah, Eropa, dan Jawa. Bangunan masjid ini terdiri dari 10 lantai, dengan kubah utama berwarna biru dan putih yang menjulang tinggi. Di setiap lantainya terdapat berbagai macam ornamen dan dekorasi yang menarik, seperti kaligrafi, motif bunga, dan patung-patung.

Masjid Tiban awalnya dibangun pada tahun 1978 oleh KH Ahmad Bahru, pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Pembangunan masjid ini dilakukan secara bertahap, dan hingga kini masih terus berlangsung.

Masjid Tiban tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat wisata. Setiap hari, masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain untuk beribadah, wisatawan juga dapat berfoto-foto di berbagai sudut masjid yang instagramable.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Masjid Tiban Turen Malang:

  • Masjid ini dibangun tanpa arahan arsitek, sehingga memiliki desain yang unik dan tidak biasa.
  • Masjid ini memiliki 10 lantai, dengan luas total mencapai 4 hektar.
  • Di setiap lantainya terdapat berbagai macam ornamen dan dekorasi yang menarik.
  • Masjid Tiban tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat wisata.

Jika Anda berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mengunjungi masjid terindah di Malang yaitu Masjid Tiban Turen. Masjid ini akan memberikan pengalaman wisata religi yang unik dan tak terlupakan.

Masjid Agung Jami Malang, Ikon Religi Kota Malang

masjid terindah di Malang Masjid jami agung

Masjid Agung Jami Malang adalah salah satu masjid tertua di Jawa Timur. Masjid ini terletak di Jalan Merdeka Barat No. 3, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Masjid Agung Jami Malang dibangun pada tahun 1890 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pembangunan masjid ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tempat ibadah umat Islam di Kota Malang yang saat itu sedang berkembang pesat.

Masjid Agung Jami Malang memiliki arsitektur yang unik dan indah, perpaduan antara arsitektur Islam dan Belanda. Bangunan masjid ini berbentuk bujur sangkar dengan atap tajug tumpang dua. Ciri khas dari Masjid Agung Jami Malang adalah jendela-jendelanya yang berbentuk melengkung dan dihiasi dengan kaca patri berwarna-warni.

Masjid Agung Jami Malang memiliki luas bangunan sekitar 3.000 meter persegi dengan daya tampung sekitar 4.000 orang. Di dalam masjid ini terdapat beberapa fasilitas, seperti ruang utama, ruang serbaguna, perpustakaan, dan kantor pengurus masjid.

Masjid Agung Jami Malang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai salah satu ikon wisata religi di Kota Malang. Setiap hari, masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain untuk beribadah, wisatawan juga dapat berfoto-foto di berbagai sudut masjid yang indah.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Masjid Agung Jami Malang:

  • Masjid ini dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda.
  • Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan indah.
  • Masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 3.000 meter persegi dengan daya tampung sekitar 4.000 orang.
  • Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai salah satu ikon wisata religi di Kota Malang.

Jika Anda berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Agung Jami Malang. Masjid ini akan memberikan pengalaman wisata religi yang unik dan tak terlupakan.

Masjid Agung Jami Malang menjadi masjid terindah di Malang dan memiliki peran penting dalam perkembangan Islam di Kota Malang. Masjid ini menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan bagi umat Islam di Kota Malang. Masjid ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang populer di Jawa Timur.

Masjid Salman Al Farisi, Taj Mahal-nya Malang

masjid terindah di Malang Masjid Salman Al Farisi

Masjid Salman Al Farisi adalah salah satu masjid yang paling populer di Malang, Jawa Timur. Masjid ini terletak di Dusun Karangampel, Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Masjid Salman Al Farisi memiliki arsitektur yang mirip dengan Taj Mahal, salah satu situs warisan dunia yang terletak di India. Bangunan masjid ini berwarna putih dengan kubah besar yang menjulang tinggi. Di sekeliling kubah terdapat tujuh menara kecil.

Masjid Salman Al Farisi dibangun pada tahun 2012 dan selesai pada tahun 2017. Masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 1.600 meter persegi dengan daya tampung sekitar 5.000 orang.

Selain arsitekturnya yang unik, Masjid Salman Al Farisi juga memiliki fasilitas yang lengkap. Di dalam masjid ini terdapat ruang utama, ruang serbaguna, perpustakaan, dan kantor pengurus masjid. Masjid ini juga memiliki taman yang indah di sekelilingnya.

Masjid Salman Al Farisi tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai destinasi wisata religi. Setiap hari, masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain untuk beribadah, wisatawan juga dapat berfoto-foto di berbagai sudut masjid yang indah.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Masjid Salman Al Farisi:

  • Masjid ini memiliki arsitektur yang mirip dengan Taj Mahal.
  • Masjid ini dibangun selama lima tahun.
  • Masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 1.600 meter persegi.
  • Masjid ini memiliki daya tampung sekitar 5.000 orang.
  • Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai destinasi wisata religi.

Jika Anda berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mengunjungi masjid terindah di Malang yaitu Masjid Salman Al Farisi. Masjid ini akan memberikan pengalaman wisata religi yang unik dan tak terlupakan.

Masjid Agung Al Hidayah Malang, Miniatur Hagia Sophia

masjid terindah di Malang Agung Al Hidayah

Masjid Agung Al Hidayah adalah salah satu masjid yang paling populer di Malang, Jawa Timur. Masjid ini terletak di Dusun Donowarih, Desa Karangan, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Masjid Agung Al Hidayah memiliki arsitektur yang mirip dengan Hagia Sophia, salah satu situs warisan dunia yang terletak di Istanbul, Turki. Bangunan masjid ini berwarna coklat dengan kubah besar yang menjulang tinggi. Di sekeliling kubah terdapat empat menara kecil.

Masjid Agung Al Hidayah dibangun pada tahun 1979 oleh Romo KH Ismail. Masjid ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan tempat ibadah umat Islam di sekitar lokasi masjid.

Masjid Agung Al Hidayah memiliki luas bangunan sekitar 2.500 meter persegi dengan daya tampung sekitar 5.000 orang. Di dalam masjid ini terdapat ruang utama, ruang serbaguna, perpustakaan, dan kantor pengurus masjid.

Selain arsitekturnya yang unik, Masjid Agung Al Hidayah juga memiliki fasilitas yang lengkap. Di dalam masjid ini terdapat ruang utama, ruang serbaguna, perpustakaan, dan kantor pengurus masjid. Masjid ini juga memiliki taman yang indah di sekelilingnya.

Masjid Agung Al Hidayah tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai destinasi wisata religi. Setiap hari, masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain untuk beribadah, wisatawan juga dapat berfoto-foto di berbagai sudut masjid yang indah.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Masjid Agung Al Hidayah:

  • Masjid ini memiliki arsitektur yang mirip dengan Hagia Sophia.
  • Masjid ini dibangun pada tahun 1979.
  • Masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 2.500 meter persegi.
  • Masjid ini memiliki daya tampung sekitar 5.000 orang.
  • Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai destinasi wisata religi.

Jika Anda berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Agung Al Hidayah. Masjid ini akan memberikan pengalaman wisata religi yang unik dan tak terlupakan.

Masjid Agung Al Hidayah menjadi masjid terindah di Malang dan memiliki peran penting dalam perkembangan Islam di Kabupaten Malang. Masjid ini menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan bagi umat Islam di Kabupaten Malang. Masjid ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang populer di Jawa Timur.

Masjid Agung An Nuur Malang, Masjid Terbesar di Malang Raya

masjid terindah di Malang Masjid Agung An Nuur

Masjid Agung An Nuur adalah masjid terbesar di Malang Raya, Jawa Timur. Masjid ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta No. 110, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Masjid Agung An Nuur memiliki arsitektur yang unik, perpaduan antara arsitektur Timur Tengah, Eropa, dan Jawa. Bangunan masjid ini berbentuk bujur sangkar dengan kubah besar yang menjulang tinggi. Di sekeliling kubah terdapat empat menara kecil.

Masjid Agung An Nuur dibangun pada tahun 1996 oleh Pemerintah Kota Malang. Pembangunan masjid ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tempat ibadah umat Islam di Kota Malang yang saat itu sedang berkembang pesat.

Masjid Agung An Nuur memiliki luas bangunan sekitar 10.000 meter persegi dengan daya tampung sekitar 20.000 orang. Di dalam masjid ini terdapat ruang utama, ruang serbaguna, perpustakaan, dan kantor pengurus masjid.

Selain arsitekturnya yang unik, Masjid Agung An Nuur juga memiliki fasilitas yang lengkap. Di dalam masjid ini terdapat ruang utama, ruang serbaguna, perpustakaan, dan kantor pengurus masjid. Masjid ini juga memiliki taman yang indah di sekelilingnya.

Masjid Agung An Nuur tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai salah satu ikon wisata religi di Kota Malang. Setiap hari, masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain untuk beribadah, wisatawan juga dapat berfoto-foto di berbagai sudut masjid yang indah.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Masjid Agung An Nuur:

  • Masjid ini memiliki arsitektur yang unik.
  • Masjid ini dibangun oleh Pemerintah Kota Malang.
  • Masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 10.000 meter persegi.
  • Masjid ini memiliki daya tampung sekitar 20.000 orang.
  • Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai salah satu ikon wisata religi di Kota Malang.

Jika Anda berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Agung An Nuur. Masjid ini akan memberikan pengalaman wisata religi yang unik dan tak terlupakan.

Masjid Agung An Nuur, Malang

Masjid Agung An Nuur memiliki peran penting dalam perkembangan Islam di Kota Malang. Masjid ini menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan bagi umat Islam di Kota Malang. Masjid ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang populer di Jawa Timur.

Latar Belakang Pembangunan

Pembangunan Masjid Agung An Nuur diawali dengan ide dari Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji. Beliau ingin membangun masjid yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat Malang Raya.

Pembangunan masjid ini dilakukan secara bertahap, dan selesai pada tahun 2004. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada tanggal 19 Agustus 2004.

Arsitektur

Arsitektur Masjid Agung An Nuur dirancang oleh Ir. H. A. A. Rachmat. Bangunan masjid ini berbentuk bujur sangkar dengan luas 10.000 meter persegi. Kubah masjid ini terbuat dari baja dan seng dengan diameter 30 meter.

Masjid Agung An Nuur memiliki empat menara, masing-masing setinggi 90 meter. Menara ini terbuat dari beton bertulang dan dilengkapi dengan elevator.

Fasilitas

Selain ruang utama, Masjid Agung An Nuur juga memiliki ruang serbaguna, perpustakaan, dan kantor pengurus masjid. Masjid ini juga memiliki taman yang indah di sekelilingnya.

Kegiatan

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid Agung An Nuur juga digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan, seperti pengajian, ceramah, dan kegiatan sosial.

Masjid Agung An Nuur menjadi masjid terindah di Malang dan juga sering menjadi tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan keagamaan berskala nasional, seperti muktamar, kongres, dan pertemuan keagamaan.

Kesimpulan

kesimpulan dari artikel masjid terindah di Malang:

  • Masjid Tiban Turen Malang adalah destinasi wisata populer dengan arsitektur yang unik dan indah. Arsitekturnya merupakan perpaduan antara arsitektur Timur Tengah, Eropa, dan Jawa. Masjid ini memiliki 10 lantai dengan kubah besar berwarna biru dan putih.
  • Masjid Agung Jami Malang adalah salah satu masjid tertua di Jawa Timur. Masjid ini dibangun pada tahun 1890 oleh pemerintah Belanda untuk memenuhi kebutuhan komunitas Muslim yang berkembang di Malang. Arsitekturnya unik, perpaduan antara gaya Islam dan Belanda.
  • Masjid Salman Al Farisi Malang dikenal sebagai “Taj Mahal Malang” karena arsitekturnya yang mirip. Masjid ini dibangun pada tahun 2012 dan memiliki kubah putih dan tujuh menara.
  • Masjid Agung Al Hidayah Malang merupakan miniatur dari Hagia Sophia, situs warisan dunia yang terletak di Istanbul, Turki. Masjid ini dibangun pada tahun 1979 dan memiliki kubah berwarna coklat dan empat menara.
  • Masjid Agung An Nuur Malang adalah masjid terbesar di Malang Raya. Masjid ini dibangun pada tahun 1996 oleh Pemerintah Kota Malang untuk memenuhi kebutuhan komunitas Muslim yang berkembang. Arsitekturnya unik, perpaduan antara arsitektur Timur Tengah, Eropa, dan Jawa.

Ini hanyalah beberapa dari banyak masjid indah di Malang. Jika Anda berkunjung ke Malang, pastikan untuk mengunjungi salah satu masjid ini dan rasakan keindahan dan sejarahnya yang unik.

Berikut adalah beberapa poin penting dari kesimpulan tersebut:

  • Masjid-masjid di Malang memiliki arsitektur yang unik dan indah.
  • Masjid-masjid ini merupakan tempat ibadah bagi umat Islam di Malang.
  • Masjid-masjid ini juga menjadi destinasi wisata populer.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui 5 masjid terindah di Malang. Jangan lupa berkunjung ke masjid terindah di Malang apabila Anda sedang berada di daerah Malang.