https://hargakubahenamel.com/
Lompat ke konten
Home » Artikel » Perbedaan Kubah Enamel dan Galvalum: Mana yang Terbaik?

Perbedaan Kubah Enamel dan Galvalum: Mana yang Terbaik?

  • oleh

Perbedaan kubah enamel dan galvalum adalah topik yang sering dibahas ketika seseorang akan memilih produk kubah untuk bangunan masjid atau mushola mereka. Enamel dan galvalum adalah material yang berbeda, dan keduanya memiliki karakteristik yang berbeda pula.

Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara bahan enamel dan galvalum, serta keunggulan dan harga masing-masing material tersebut. Dengan mengetahui perbedaan antara kubah enamel dan galvalum, pembaca dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih material yang terbaik untuk bangunan mereka.

Apa itu Kubah Enamel?

kubah masjid bali enamel

Kubah enamel adalah jenis kubah yang terbuat dari plat baja yang terbuat dari kaca bubuk yang dipadukan pada sebuah wadah dengan cara pemanasan, biasanya bersuhu antara 750°C. Enamel adalah sebuah lapisan keramik yang diaplikasikan pada permukaan baja untuk memberikan tampilan yang indah serta ketahanan terhadap cuaca dan korosi.

Baca Juga : Filosofi Sejarah Kubah Masjid

Enamel adalah bahan yang sangat kuat dan tahan lama, sehingga cocok digunakan untuk kubah yang harus tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem.

Kubah enamel biasanya memiliki warna-warna cerah dan dapat disesuaikan dengan desain arsitektur bangunan. Selain itu, kubah enamel juga memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya matahari, sehingga dapat mengurangi panas di dalam ruangan.

Apa itu Kubah Galvalum?

kubah masjid bali galvalum

Kubah Galvalum adalah salah satu jenis atap kubah yang terbuat dari bahan campuran antara baja dan aluminium serta galvalum terbuat dari bahan dasar baja ringan yang dilapisi aluminium, silikon & seng dengan masing-masing komposisi 55% aluminium, 43,5% seng dan 1,5% silikon. Proses pembuatan kubah ini melibatkan proses pelapisan baja dengan lapisan seng dan aluminium yang kemudian dilapisi kembali dengan silikon. Selain itu, kubah ini juga dilengkapi dengan teknologi pelapisan anti karat dan anti lumut yang membuat kubah ini cukup tahan lama.

Sifat kubah Galvalum yang tahan lama membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk digunakan pada berbagai jenis bangunan, mulai dari bangunan komersial, bangunan rumah ibadah hingga bangunan perumahan. Selain itu, kubah Galvalum juga cukup ringan sehingga lebih mudah dalam proses pemasangan.

Perbedaan Kualitas antara Kubah Enamel dan Galvalum

model kubah masjid panel

Kubah enamel dan galvalum memiliki perbedaan kualitas yang patut diperhatikan sebelum Anda memilih salah satu untuk proyek Anda.

KualitasKubah EnamelKubah Galvalum
Tahan lamaLebih tahan lama karena lapisan enamel yang tahan karat dan cuacaKurang tahan lama dibanding enamel, namun bisa bertahan hingga 15 tahun dengan perawatan yang baik
PenampilanLebih indah dan elegan dengan warna yang lebih cerah dan tahan lamaKurang indah dan elegan jika dibandingkan dengan enamel
HargaKubah enamel lebih mahal karena lapisan enamel yang mahal dan proses produksinya yang lebih rumitLebih murah dibanding enamel karena bahan dasarnya yang lebih murah dan proses produksinya yang lebih sederhana

Berdasarkan tabel di atas, kubah enamel memiliki kualitas yang lebih baik secara keseluruhan dibanding kubah galvalum. Meskipun harganya lebih mahal, kubah enamel sangat tahan lama dan menampilkan penampilan yang lebih elegan dan indah.

Keunggulan dan Kelebihan Kubah Enamel

jual kubah bahan enamel

Kubah enamel memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kubah galvalum. Salah satu keunggulan kubah enamel adalah keindahan lapisan yang mengkilap dan tahan lama. Lapisan enamel yang menyelimuti kubah memberi perlindungan ekstra untuk mencegah korosi dan rayap.

Selain itu, enamel juga memberikan hasil akhir yang lebih halus dan rapi. Kubah enamel biasanya dipasang dengan teknik pengelasan yang unik dan presisi, menghasilkan struktur yang kokoh dan tahan lama. Hal ini membuat kubah enamel dapat bertahan hingga puluhan tahun dengan perawatan yang minimal.

Enamel juga lebih fleksibel dalam hal warna dan desain, memungkinkan kubah enamel untuk disesuaikan dengan kebutuhan atau gaya arsitektur bangunan. Warna enamel yang cemerlang dan tahan lama membuat kubah enamel menjadi pilihan yang populer untuk bangunan komersial dan perkantoran. Selain itu, enamel telah terbukti tahan terhadap paparan sinar UV, sehingga tidak mudah pudar atau menguning selama bertahun-tahun.

Dengan bahan enamel yang berkualitas, kubah enamel juga lebih aman untuk lingkungan dan kesehatan manusia. Bahan enamel tidak mengandung bahan berbahaya seperti logam berat atau timbal, dan tidak memerlukan pemeliharaan yang rumit atau penggunaan zat kimia berbahaya.

Kelebihan Kubah Enamel dalam Tabel

Kelebihan Kubah EnamelKeterangan
Tahan lamaKubah enamel mampu bertahan hingga puluhan tahun dengan perawatan minimal.
Keindahan visualEnamel memberikan hasil akhir yang lebih halus dan rapi serta memberikan fleksibilitas warna dan desain.
Lingkungan yang amanTidak ada penggunaan bahan kimia berbahaya atau logam berat dalam proses pembuatan enamel.

Kubah enamel memberikan perlindungan ekstra dari korosi dan tahan lama. Enamel juga memberikan hasil akhir yang lebih halus dan rapi serta fleksibilitas warna dan desain. Bahan enamel yang berkualitas adalah ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan manusia.

Keunggulan dan Kelebihan Kubah Galvalum

harga kubah galvalum
harga kubah galvalum

Kubah galvalum juga memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya layak dipilih sebagai pilihan alternatif kubah enamel. Berikut adalah beberapa kelebihan dan keunggulan kubah galvalum:

Kelebihan Kubah GalvalumPenjelasan
Tahan KaratGalvalum memiliki lapisan seng sebagai pelindung dari korosi dan karat. Hal ini membuat kubah galvalum tahan lama dan memiliki umur pakai yang lebih panjang.
RinganBahan galvalum memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan enamel. Hal ini memudahkan dalam proses instalasi dan juga mengurangi beban pada bangunan.
Harga yang lebih terjangkauGalvalum memiliki harga yang lebih murah dibandingkan enamel. Hal ini membuat kubah galvalum menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk beberapa orang.
Tidak Mudah PecahKubah galvalum memiliki daya tahan yang baik terhadap benturan. Hal ini membuatnya tidak mudah pecah dan rusak.

Oleh karena itu, meskipun enamel sering menjadi pilihan utama sebagai bahan kubah, galvalum juga memiliki keunggulan dan kelebihan yang tidak kalah menarik. Pembeli dapat mempertimbangkan faktor-faktor seperti harga dan bobot saat memilih antara enamel dan galvalum sebagai bahan kubah. Namun, dalam hal tahan lama dan umur pakai yang lebih lama, galvalum memiliki keunggulan yang lebih tinggi.

Perbedaan Harga antara Kubah Enamel dan Galvalum

gambar kubah masjid

Enamel dan galvalum adalah dua jenis bahan yang populer di Indonesia. Namun, harga kubah enamel dan galvalum bisa berbeda cukup signifikan. Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi perbedaan harga:

Baca Juga : Cara Menghitung Harga Kubah Masjid

FaktorKubah EnamelKubah Galvalum
Bahan BakuEnamel adalah bahan yang mahal, sehingga membuat kubah enamel lebih mahal daripada kubah galvalum.Galvalum lebih murah dibanding enamel, sehingga membuat kubah galvalum lebih terjangkau.
Proses ProduksiProses produksi kubah enamel membutuhkan teknologi yang lebih canggih dan tenaga kerja yang lebih mahal, karena itu membuat harga kubah enamel lebih mahal.Proses produksi kubah galvalum lebih mudah dan lebih sederhana dibanding enamel, sehingga membuat harga kubah galvalum lebih terjangkau.
Daya TahanKubah enamel lebih tahan lama dan lebih tahan terhadap cuaca dan korosi, sehingga membuat harganya lebih mahal.Kubah galvalum lebih mudah memudar dan kurang tahan terhadap cuaca jika dibandingkan dengan enamel, sehingga membuat harganya lebih murah.

Baca Juga : Gambar Kubah Masjid

Dari tabel di atas, terlihat bahwa enamel lebih mahal daripada galvalum karena bahan bakunya yang mahal dan proses produksinya yang lebih rumit dan memerlukan teknologi yang lebih canggih. Namun, kelebihan kubah enamel terletak pada daya tahannya yang lebih tinggi dan lebih tahan terhadap cuaca dan korosi. Sebaliknya, kubah galvalum lebih terjangkau dan cocok untuk penggunaan sementara atau di area yang tidak banyak terkena cuaca buruk dan korosi.

Baca Juga : Kubah Masjid Stainless Gold

Wujudkan Masjid Impian Anda Bersama Qoobah

Percayakan pengerjaan kubah masjid dan aksesoris masjid kepada PT. Anugerah Kubah Indonesia (Qoobah). PT Anugerah Kubah Indonesia merupakan kontraktor kubah masjid profesional dan amanah yang telah dipercaya oleh 1500+ pelaggan. Kami merupakan kontraktor kubah masjid yang melayani pembuatan dan pemasangan kubah masjid.

Kami sudah berpengalaman dalam mengerjakan banyak proyek di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Filipina. Qoobah telah dipercaya dalam mengerjakan proyek dari beberapa pihak seperti Pondok Pesantren, Sekolah, Universitas, Madrasah, Kantor Swasta, Kantor Pemerintah, BUMN, serta masjid-masjid yang berada di perdesaan hingga perkotaan.

Berikut ini adalah informasi mengenai daftar harga kubah masjid. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti perubahan harga material.

  • Harga kubah masjid enamel di sekitar Rp. 2.700.000 – Rp. 3.500.000 per meter / m2. Kami memberikan garansi 20 tahun untuk pengecatan dan 5 tahun untuk kebocoran kubah. Qoobah jual kubah masjid awet, berkualitas dan anti bocor di Lombok.
  • Harga kubah masjid galvalum sekitar Rp. 1.600.000 – Rp. 2.000.000 per meter / m2. Kami memberikan garansi 5 tahun pengecatan dan perbaikan kebocoran kubah. Qoobah jual kubah masjid awet, berkualitas dan anti bocor di Lombok.
  • Harga kubah masjid titanium gold / stainless gold 304 ini sekitar Rp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000 per meter / m2. Kubah masjid titanium gold / stainless gold ini memiliki ketahanan warna sampai 5 tahun. Selain itu, kami juga memberikan garansi kebocoran kubah selama 5 tahun. Qoobah jual kubah masjid awet, berkualitas dan anti bocor di Lombok.

Dapatkan promo spesial harga kubah masjid dalam pemesanan kubah di bulan ini. Konsultasikan kebutuhan kubah dan aksesoris bangunan masjid dengan kami.

Kesimpulan

Setelah mempelajari perbedaan antara kubah enamel dan galvalum, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Namun, dari segi tahan lama, kubah galvalum lebih unggul dibandingkan dengan kubah enamel. Selain itu, kubah galvalum juga lebih mudah dalam maintanence, sehingga akan lebih hemat biaya jangka panjang.

Adapun harga kubah enamel memang lebih mahal dibandingkan dengan kubah galvalum, namun perbedaan harga ini sebanding dengan keunggulan yang dimiliki oleh kubah enamel, seperti design yang unik dan tahan lama terhadap karat. Oleh karena itu, dalam memilih kubah yang terbaik untuk bangunan Anda, perlu dipertimbangkan faktor-faktor yang telah dibahas dalam artikel ini.

FAQ

Q: Perbedaan Kubah Enamel dan Galvalum: Mana yang Terbaik?

A: Pada artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara kubah enamel dan galvalum serta memberikan rekomendasi pilihan yang terbaik berdasarkan faktor-faktor tertentu.

Q: Apa itu Kubah Enamel?

A: Kubah enamel adalah jenis kubah yang terbuat dari bahan enamel, yang merupakan lapisan pelindung terbuat dari kaca yang ditenangkan pada permukaan logam. Kubah enamel memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan korosi serta memberikan estetika yang menarik.

Q: Apa itu Kubah Galvalum?

A: Kubah galvalum adalah jenis kubah yang terbuat dari bahan galvalum, yaitu campuran antara baja dan aluminium yang dilapisi dengan seng. Kubah galvalum memiliki kekuatan yang tinggi, tahan terhadap karat, dan ringan.

Q: Perbedaan Kualitas antara Kubah Enamel dan Galvalum?

A: Perbedaan kualitas antara kubah enamel dan galvalum meliputi faktor-faktor seperti daya tahan, ketahanan terhadap cuaca, dan estetika. Kubah enamel cenderung memiliki daya tahan yang lebih baik dan memberikan tampilan yang lebih menarik, sementara kubah galvalum memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan tahan terhadap karat.

Q: Keunggulan dan Kelebihan Kubah Enamel?

A: Keunggulan dan kelebihan kubah enamel termasuk daya tahan yang baik terhadap cuaca, ketahanan terhadap korosi, dan estetika yang menarik. Kubah enamel juga dapat diwarnai sesuai keinginan, memberikan fleksibilitas dalam desain.

Q: Keunggulan dan Kelebihan Kubah Galvalum?

A: Keunggulan dan kelebihan kubah galvalum termasuk kekuatan yang tinggi, tahan terhadap karat, dan berat yang ringan. Kubah galvalum juga relatif lebih ekonomis dalam hal biaya produksi dan instalasi.

Q: Perbedaan Harga antara Kubah Enamel dan Galvalum?

A: Perbedaan harga antara kubah enamel dan galvalum dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti bahan baku, proses produksi, dan ukuran kubah. Kubah enamel cenderung lebih mahal daripada kubah galvalum karena proses produksi dan estetika yang lebih rumit.

Q: Kesimpulan

A: Berdasarkan perbedaan dalam kualitas dan kelebihan masing-masing, jika lebih mengutamakan daya tahan dan estetika, kubah enamel dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika lebih mengutamakan kekuatan dan ekonomis, kubah galvalum bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!